Minggu, 05 Januari 2014

Ikaruga


"Tenro Horai, pemimpin dari sebuah negara kecil bernama Horai mendapatkan kekuatan misterius dari Ubusunagami Okinokai, sesuatu yang didapat dari penggalian yang ia lakukan beberapa tahun lalu. Setelah itu Tenro dan pengikutnya satu-persatu mulai menguasai negara lain. Sementara itu federasi kebebasan yang disebut Tenkaku mulai melakukan perlawanan terhadap Horai. Menggunakan pesawat tempur yang disebut Hitekkai mereka bertempur demi membebaskan dunia dari cengkraman Hourai-namun semuanya berakhir sia-sia. Kekuatan mereka tidak sebanding dengan Horai dan hampir dihabisi secara total. Beruntung salah satu pemuda selamat, namanya adalah Shinra.

Ditembak jatuh di dekat desa bernama Ikaruga, dimana penghuninya adalah orang-orang tua yang diasingkan oleh penaklukan Horai Shinra ditarik dari reruntuhan pesawatnya dan dirawat. Setelah sehat iapun bersumpah akan mengalahkan Horai, dan iapun diserahi sebuah pesawat tempur yang penduduk desa buat sendiri bernama Ikaruga. Nantinya Shinra akan ditemani oleh Kagari, tentara bayaran Horai yang dikalahkan oleh Shinra. Setelah Shinra membiarkannya hidup, dia memutuskan untuk bergabung dengan pemberontak. Pesawatnya, Ginkei telah dimodifikasi oleh penduduk Ikaruga agar diberikan kemampuan yang sama dengan pesawat Shinra."


Demikianlah plot dari Ikaruga, game shoot-em-up buatan Treasure yang pertama kali dibuat untuk mesin arcade pada 20 Desember 2001. Game ini bisa dibilang menggabungkan unsur genre SHMUP pada umumnya dan puzzle, terlihat dari adanya sistem chain yang digunakan. Hal yang cukup membedakan Ikaruga dengan game SHMUP pada umumnya adalah sbb:

1. Polaritas
Terdapat dua jenis polaritas, yaitu hitam dan putih. Pesawat pemain mampu berganti polaritas yang tentu saja mengganti jenis peluru dan barrier yang digunakan. Polaritas menentukan cara menyerang dan bertahan disini, sebagai contoh peluru pada polaritas putih lebih cepat menyebabkan kerusakan pada target dengan polaritas hitam dan barrier putih mampu melindungi pesawat serta menyerap peluru putih dari pesawat lawan namun tidak bisa melindungi dari peluru hitam, begitu juga sebaliknya.
2. Chain
Dengan adanya dua jenis polaritas, tantangan pemain berikutnya adalah membentuk sebuah chain. Apakah itu? Chain adalah kondisi dimana pemain berhasil menembak 3 unit lawan yang memiliki polaritas sama, seperti h-h-h = 1 chain, p-p-p = 1 chain dst. Tidak peduli mau sama atau diselingi selama tidak terputus maka chain akan terus dihitung. Contoh saat pemain sudah menembak 2 lawan berpolaritas p kemudian menembak satu pesawat h, maka chainnya dianggap batal dan hitungannya kembali dimulai dari awal. Meskipun nantinya total chain yang dibuat akan dihitung di akhir stage, keuntungan mempertahankan jumlah chain adalah menaikkan score yang diraih dan memudahkan kesempatan pemain untuk menambah life. Total chain akan direset ketika life pemain habis dan melakukan continue di sebuah stage.
3. Absorb
Seperti yang sudah disebutkan di point 1, barrier akan melindungi pesawat dan menyerap energi dari peluru yang berpolaritas sama. Energi ini akan digunakan untuk mengisi bar energi yang berfungsi sebagai senjata spesial disini. Satu potong bar yang terisi akan membuat pemain mampu menembakkan satu buah homing laser, dan mengisinya sampai penuh akan menembakkan laser lebih banyak.
4. Precision Shot
Dengan menekan tombol tembak secara singkat, pesawat akan menembakkan satu buah peluru bukan 2 buah. Hal ini berguna disaat pemain ingin menembak objek kecil dan tidak mengenai objek yang polaritasnya berbeda.
5. Dot Eater
Tidak mau repot-repot menembak musuh dan akhirnya malah mati karena peluru nyasar? Dengan memanfaatkan barrier dan sebuah titik dimana kalau titik tersebut adalah titik vital dari pesawatmu yaitu hitbox, raihlah gelar "Dot Eater". Gelar ini adalah gelar dimana kamu hanya menghindari dan menyerap peluru lawan tanpa menembak satu musuhpun, alias defensif total.

Game ini bisa dibilang sangat menantang dan punya tingkat kesulitan yang lebih dibanding game SHMUP pada umumnya. Pemain harus sering mengingat pola pesawat/unit apa saja yang akan muncul, selain mempermudah perolehan chain, berguna juga agar pemain tidak mudah mati akibat adanya peluru yang tidak disadari, yang akan terlihat dari perbedaan tingkat kesulitan yang dipilih pemain. Mode easy tidak akan membuat musuh yang tertembak mengeluarkan peluru jenis apapun dan musuh tidak agresif. Cocok untuk mengingat pola unit yang akan keluar. Mode normal, standar dan musuh yang tertembak dari polaritas yang sama akan mengeluarkan energi yang bisa pemain serap. Mode hard membuat musuh lebih agresif dan kedua polaritas musuh akan mengeluarkan energi tidak peduli polaritas apa yang pemain pakai. Di youtube sendiri sudah banyak video para veteran yang mampu mencetak rank S tiap stagenya, dan bisa dipelajari untuk memudahkan menyelesaikan stage tanpa menghabiskan banyak life.

Selain gameplay, tentu saja aspek yang bisa dinikmati adalah konsep, desain, dan musik. Game ini cukup terasa tema Jepangnya, terutama pada masa Imperial. Selain itu dimasukkan pula unsur agama Buddha disini, terlihat pada 5 chapter (stagenya) yang didasari oleh 5 tahap pencerahan dalam agama Buddha. Dari desain bisa dilihat dari desain mekanikal, pola musuh yang muncul (chapter 4 adalah chapter terindah sekaligus tersulit di sini) serta goresan artworknya. Musiknya membangun cerita tiap chapter dan memiliki keterkaitan satu sama lain.

Overall game ini terkenal di kalangan pecinta game SHMUP dan sudah diport ke Dreamcast, Gamecube, XBox 360 via XBLA dan PC via STEAM. Game ini memberi tantangan sendiri dengan melatih daya ingat dan kemampuan mata agar bisa bermain lebih baik. Kesulitannya bisa dibilang diatas rata-rata, tapi selama dilatih survive dan mendapat rank S pun bukan hal sulit seperti yang sudah dibuktikan oleh video para gamer veteran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar